Kesalahan

There was a problem loading image Z.

.::Berita::.

Anggaran ditambah, DPR berharap Kemenkumham Serius Benahi Lapas

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Bambang Rantam Sariwanto mengikuti Rapat Kerja di Komisi III DPR RI, Senin, 27/6/2016.  Rapat Kerja ini membahas penyempurnaan dana anggaran Kementerian/ Lembaga. Pada rapat tersebut Sekjen Kemenkumham dalam paparannya mengatakan bahwa ada dua perubahan yang dilakukan Kemenkumham. “Terkait penghematan anggaran Kemenkumham dilakukan melalui pemotongan belanja sejumlah Rp.279.356.969.700,-. Pemotongan tersebut bersumber dari dana Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) Direktorat Jenderal Imigrasi tahun anggaran 2016, pada kegiatan yang masih diblokir”, tambahnya.

Sesuai dengan surat Menteri Keuangan nomor: S-407/MK.02/2016 tanggal 24 Mei 2016 hal perubahan Alokasi Belanja K/L dalam RAPBN tahun 2016, Kemenkumham mendapat tambahan belanja untuk kebutuhan mendesak sejumlah 1.3 Trilyun. Selain itu sesuai surat Menteri Keuangan nomor: S-522/MK.02/2016 tanggal 23 Juni 2016 hal perubahan pagu Anggaran APBN-P, Kemenkumham juga mendapatkan tambahan yang digunakan untuk belanja prioritas sejumlah 700 Milyar, sehingga total tambahan anggaran kemenkumham menjadi 2 Trilyun.

“Dengan adanya tambahan anggaran ini maka akan digunakan untuk pembangunan fisik blok hunian Lapas/ Rutan, membangun sarana dan prasarana operasional dan pembangunan/renovasi dan penyediaan sarana lapas produksi/industri”, tambah Sekjen.

Dari 8 fraksi yag hadir semuanya menyetujui perubahan penyempurnaan anggaran tersebut. Namun terdapat beberapa fraksi memberi catatan kecil diantaranya Fraksi Gerindra dan Hanura. “Semoga penambahan ini bisa membenahi berbagai permasalahan di Lapas, khususnya dalam hal over kapasitas dan peredaran narkoba”, ujar , Desmond Junaedi Mahesa dari Fraksi Gerindra. Sementara itu hal senada juga disampaikan Fraksi Hanura, Syarifuddin Suding,”Saya Berharap tidak ada lagi bandar narkoba yang mengendalikan peredaran narkoba dari dalam lapas”, ucap Suding.

Dalam rapat tersebut juga dibahas penyempurnaan anggaran terhadap POLRI, MK, BNN dan Kejaksaan. Dari hasil Rapat Komisi III ini yang diketuai oleh Bambang Soesatyo akan meneruskan persetujuan penyempurnaan anggaran tahun 2016 mitra kerja komisi III kepada Badan Anggaran dengan memperhatikan pandangan serta catatan yang telah disampikan oleh fraksi-fraksi.

Sumber : kemenkumham.go.id

Hubungi Kami

Jl. Lapas Pemuda No. 1
Kel. Pabuaran Tangerang 15118
Telp: 021 5523443, 55769509

Facebook Twitter Instagram Google Plus

Statistik Pengunjung

Hari iniHari ini96
KemarinKemarin153
Minggu iniMinggu ini96
Bulan iniBulan ini5244
TotalTotal84113