Kesalahan

There was a problem loading image Z.

.::Berita::.

Lapas Pemuda Tangerang Memberikan Remisi Khusus Hari Raya Waisak Kepada 33 Warga Binaan Pemasyarakatan

 

 

Tangerang, 19 Mei 2019 Lembaga Pemasyarakatan Pemuda Kelas IIA Tangerang (Lapas Pemuda Tangerang), Unit Pelaksana Teknis di bawah naungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten yang juga menjadi salah satu cagar budaya di Kota Tangerang, hari ini menggelar penyerahan Remisi Khusus (RK) Waisak tahun 2019 kepada para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Turut hadir dalam penyerahan SK Remisi Acara ini, Syamsul Hidayat A.R. selaku Kepala Sub Seksi Registrasi beserta jajarannya; serta Ketua Dewan Penasihat PC Hikmahbudhi, Hendra Acong. Acara ini sendiri digelar di Vihara Kusala Cetana Lapas Pemuda Tangerang, Minggu (19/5).

 

Sebanyak 33 WBP yang beragama Buddha mendapat Remisi Khusus Waisak. Remisi yang diterima dibagi dalam dua kategori, Remisi Khusus (RK) I sebanyak 32 orang dan RK II sebanyak 1 orang. RK I diberikan kepada seluruh WBP yang memenuhi syarat mendapatkan remisi, namun masih harus menjalani sisa pidana. Sedangkan RK II, begitu WBP mendapat remisi WBP bisa langsung bebas.

 

Dalam sambutannya, Syamsul menyebutkan bahwa Remisi merupakan hak para WBP. Sehingga asalkan memenuhi syarat substantif dan administratif, para WBP pasti akan mendapatkan Remisi, tanpa pungli atau embel-embel lainnya. Selain itu, Syamsul Hidayat A.R. juga menambahkan bahwa dirinya hadir dalam rangka mewakili Kepala Lapas Pemuda Tangerang yang berhalangan hadir.

 

Syamsul Hidayat A.R., Kepala Sub Seksi Registrasi, mengatakan, “Kami pastikan asal sudah memenuhi syarat substantif dan administratif, semua WBP pasti mendapatkan Remisi. Kami juga menjamin bahwa tidak ada pungli dalam pengusulan Remisi. Kami juga ingin menyampaikan pesan dari Bapak Kepala Lapas, mengucapkan Selamat Hari Raya Waisak 2563 BE 2019 kepada para WBP yang beragama Buddha. Semoga perayaan Waisak bisa menjadi momentum untuk menjadi lebih baik lagi, serta dapat terus meningkatkan kerukunan antar umat beragama.”

 

Selain itu, Syamsul Hidayat A.R. juga menambahkan bahwa pengusulan Remisi sudah menjadi tugas dan tanggung jawabnya beserta jajaran Staf Sub Seksi Registrasi. Ia juga berharap agar rekan-rekan Warga Binaan bisa terus berkelakuan baik selama menjalani masa pidananya di Lapas Pemuda Tangerang.

 

“Cukup bantu dengan doa agar kami selalu amanah dan tanggung jawab dalam memperjuangkan apa yang menjadi hak para WBP,” ujar Syamsul Hidayat A.R.

 

Wujud Penghargaan Bagi Penganut Agama Buddha

 

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Dewan Penasuhat PC Hikmahbudhi, Hendra Acong, mengapresiasi acara penyerahan SK Remisi Khusus Waisak kepada para WBP. Menurutnya, hal ini merupakan wujud dari toleransi antar umat beragama yang telah berjalan di Lapas Pemuda Tangerang.

 

Hendra Acong, Ketua Dewan Pembina PC Hikmahbudhi, mengatakan, “ Selama 8 tahun ikut membantu pengurus Vihara Kusala Cetana Lapas Pemuda Tangerang, baru kali ini diselenggarakan acara penyerahan Remisi. Ini merupakan wujud penghargaan bagi kami, dan para WBP khususnya yang notabene minoritas.”

 

Hubungi Kami

Jl. Lapas Pemuda No. 1
Kel. Pabuaran Tangerang 15118
Telp: 021 5523443, 55769509

Facebook Twitter Instagram Google Plus

Statistik Pengunjung

Hari iniHari ini226
KemarinKemarin247
Minggu iniMinggu ini226
Bulan iniBulan ini4916
TotalTotal89932