Kesalahan

There was a problem loading image Z.

.::Berita::.

Kampus Kehidupan Di Balik Tembok Lapas Pemuda Kelas IIA Tangerang

Tangerang – Dalam UU No 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan pasal 14 tertulis bahwa Narapidana berhak mendapatkan pendidikan dan pengajaran. Inilah yang menjadi dasar atas dibangunnya Kampus Kehidupan yaitu program perkuliahan sarjana (S1) bagi Narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Pemuda Tangerang. Kampus hasil kerjasama antara Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS) dan Universitas Islam Syeikh Yusuf Tangerang (UNIS) tersebut hari ini (18/10) diresmikan oleh Menteri Hukum dan HAM RI Yasonna H. Laoly.

“Pendidikan itu hak dasar warga negara yang harus dipenuhi oleh negara. Itu merupakan amanat konstitusi kita, tidak terkecuali bagi para narapidana yang sedang kehilangan kemerdekaannya di dalam Lapas,” ujar Yasonna H. Laoly.

Sebanyak 33 orang narapidana perwakilan dari 33 propinsi di Indosesia berkesempatan mengikuti program ini usai lulus tes seleksi yang meliputi assessment dan psikotes oleh tenaga ahli dibidangnya yang telah diselenggarakan oleh Ditjen PAS. Selanjutnya, mereka yang terpilih akan menempuh pendidikan di Fakultas Hukum UNIS selama 4 (empat) tahun sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan Tinggi untuk Program Sarjana (S1). Kedepannya, para narapidana terpilih ini tidak hanya menerima pendidikan sarjana saja, tetapi juga akan mendapatkan pendidikan profesi advokat, sehingga lahirlah advokat-advokat yang berasal dari Warga Binaan Pemasyarakatan.

“Besar harapan kami supaya mereka nantinya dapat aktif dalam organisasi bantuan hukum pro-bono sehingga dapat menjadi penasihat hukum atau kuasa hukum bagi saudara-saudara mereka yang saat ini tidak berkesempatan mengikuti kuliah di Kampus Kehidupan,” kata Yasonna H. Laoly. (Humas LapasdaTgr)

 

Foto-foto Terkait:

Hubungi Kami

Jl. Lapas Pemuda No. 1
Kel. Pabuaran Tangerang 15118
Telp: 021 5523443, 55769509

Facebook Twitter Instagram Google Plus

Statistik Pengunjung

Hari iniHari ini95
KemarinKemarin153
Minggu iniMinggu ini95
Bulan iniBulan ini5243
TotalTotal84112