Kesalahan

There was a problem loading image Z.

.::Berita::.

Tingkatkan Rasa Kekeluargaan Antar Petugas dan Warga Binaan, Lapas Pemuda Tangerang Siapkan 3.000 Nasi Kotak untuk Gelaran Buka Puasa Bersama

 

   Tangerang, 24 Mei 2019 Lembaga Pemasyarakatan Pemuda Kelas IIA Tangerang (Lapas Pemuda Tangerang), Unit Pelaksana Teknis di bawah naungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten yang juga menjadi salah satu cagar budaya di Kota Tangerang, hari ini menggelar acara Buka Bersama Pegawai dengan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Kegiatan Buka Bersama ini dipimpin langsung oleh Jumadi selaku Kepala Lapas Pemuda Tangerang, serta dihadiri oleh seluruh pejabat struktural dan petugas pemasyarakatan Lapas Pemuda Tangerang.

 

Dalam acara yang diselenggarakan di Lapangan Utama Lapas Pemuda Tangerang, Jumat (24/5), ini, seluruh WBP mendapatkan nasi kotak yang disediakan oleh para petugas. Ada total 3.000 nasi kotak untuk para petugas dan WBP yang disiapkan untuk kegiatan ini. Hal ini, menurut Jumadi, merupakan simbol kebersamaan tanpa adanya diskriminasi yang membeda-bedakan status antara petugas dan WBP.

 

Jumadi, Kepala Lapas Pemuda Tangerang, mengatakan, “Sengaja kami menyiapkan nasi kotak sebanyak itu (3.000 buah), ini guna meningkatkan rasa kebersamaan kami sesama petugas dengan Warga Binaan kami. Ini supaya seluruh keluarga besar kami dapat menikmati nasi kotak yang telah disiapkan. Dan juga sebagai bukti bahwa tidak ada diskriminasi di Lapas Pemuda Tangerang.

 

Semua nasi kotak tersebut merupakan jatah makanan para WBP yang dikemas sedemikian rupa ke dalam kotak yang disiapkan secara swadaya oleh para Petugas Pemasyarakatan. Sejak pagi, seluruh petugas saling bahu-membahu untuk menyiapkan nasi kotak dan snack untuk berbuka yang akan dinikmati seluruh WBP dan petugas peserta acara Buka Bersama.

 

Tampilkan Hiburan dari Para Warga Binaan Pemasyarakatan

 

Selain menyiapkan 3.000 bungkus nasi kotak, acara Buka Bersama ini turut menghadirkan hiburan yang secara khusus dipersembahkan oleh para WBP Lapas Pemuda Tangerang. Ada hiburan musik-musik religi dari Lapasda Band, persembahan paduan suara para santri Pesantren At Taubah, penampilan drama dari santri Pesantren At Taubah, hingga hiburan stand-up comedy dari Mudy Taylor.

 

Acara yang digelar mulai dari pukul 16.30 WIB tersebut berjalan dengan lancar hingga berakhirnya acara. Acara kemudian ditutup dengan Salat Maghrib berjamaah yang dilakukan oleh seluruh petugas pemasyarakatan Lapas Pemuda Tangerang.

Lapas Pemuda Tangerang Gelar Upacara Hari Kebangkitan Nasional ke-111 Tahun 2019

Tangerang, 20 Mei 2019 Lembaga Pemasyarakatan Pemuda Kelas IIA Tangerang (Lapas Pemuda Tangerang), Unit Pelaksana Teknis di bawah naungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten yang juga menjadi salah satu cagar budaya di Kota Tangerang, hari ini menggelar upacara dalam rangka Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-111 tahun 2019. Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Kepala Lapas Pemuda Tangerang, Jumadi. Upacara yang dilaksanakan di Lapangan Upacara Lapas Pemuda Tangerang, Senin (20/5) ini, diikuti oleh seluruh pejabat struktural, JFU, dan JFT di Lapas Pemuda Tangerang.

 

Dengan mengenakan seragam Korpri, upacara terpantau berjalan dengan lancar dan khidmat. Upacara Harkitnas ke-111 tahun 2019 ini sendiri diselenggarakan dalam rangka meneladani kelahiran organisasi Budi Utomo, yang secara tidak langsung menjadi awal dari kebangkitan bangsa Indonesia untuk melawan penjajahan.

 

Membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Jumadi mengajak peserta upacara agar bisa terus menghindari perpecahan. Dengan tema Harkitnas "Bangkit untuk Bersatu", tambahnya, Jumadi juga mengajak peserta agar bangkit untuk kembali menjalin persatuan dan kesatuan dalam bingkai negara kesatuan Republik Indonesia.

 

Jumadi, Kepala Lapas Pemuda Tangerang, mengatakan, "Saya kira Hari Kebangkatan Nasional ini bisa menjadi momentum bagi kita untuk memperbarui semangat gotong-royong dan kolaborasi, sebagai warisan kearifan lokal yang akan membawa kita menuju kejayaan."

 

Ajak Warga Binaan Pemasyarakatan Meneladani Semangat Kebangkitan Nasional

 

Tak hanya diikuti oleh petugas pemasyarakatan, Upacara Harkitnas ini turut diikuti oleh Mahasiswa Kampus Kehidupan, Pramuka, serta perwakilan santri dari Pesantren At Taubah. Hal tersebut dimaksudkan supaya para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dapat meneladani semangat kebangkitan agar dapat terus memperbaiki diri. Kesemuanya guna menjadi manusia yang lebih baik lagi, dan dapat bermanfaat untuk masyarakat setelah bebas kelak.

 

“Sengaja kami mengikutsertakan para Warga Binaan kami. Tentunya selain agar dapat mengikuti upacara, kami juga berharap agar mereka bisa meneladani nilai-nilai yang terkandung dalam Hari Kebangkitan Nasional ini,” kata Jumadi. “Harkitnas tahun ini berlangsung di Bulan Suci Ramadhan, meskipun begitu para peserta upacara bisa mengikutinya dengan semangat,” tutupnya.

 

foto-foto terkait :

Lapas Pemuda Tangerang Memberikan Remisi Khusus Hari Raya Waisak Kepada 33 Warga Binaan Pemasyarakatan

 

 

Tangerang, 19 Mei 2019 Lembaga Pemasyarakatan Pemuda Kelas IIA Tangerang (Lapas Pemuda Tangerang), Unit Pelaksana Teknis di bawah naungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten yang juga menjadi salah satu cagar budaya di Kota Tangerang, hari ini menggelar penyerahan Remisi Khusus (RK) Waisak tahun 2019 kepada para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Turut hadir dalam penyerahan SK Remisi Acara ini, Syamsul Hidayat A.R. selaku Kepala Sub Seksi Registrasi beserta jajarannya; serta Ketua Dewan Penasihat PC Hikmahbudhi, Hendra Acong. Acara ini sendiri digelar di Vihara Kusala Cetana Lapas Pemuda Tangerang, Minggu (19/5).

 

Sebanyak 33 WBP yang beragama Buddha mendapat Remisi Khusus Waisak. Remisi yang diterima dibagi dalam dua kategori, Remisi Khusus (RK) I sebanyak 32 orang dan RK II sebanyak 1 orang. RK I diberikan kepada seluruh WBP yang memenuhi syarat mendapatkan remisi, namun masih harus menjalani sisa pidana. Sedangkan RK II, begitu WBP mendapat remisi WBP bisa langsung bebas.

 

Dalam sambutannya, Syamsul menyebutkan bahwa Remisi merupakan hak para WBP. Sehingga asalkan memenuhi syarat substantif dan administratif, para WBP pasti akan mendapatkan Remisi, tanpa pungli atau embel-embel lainnya. Selain itu, Syamsul Hidayat A.R. juga menambahkan bahwa dirinya hadir dalam rangka mewakili Kepala Lapas Pemuda Tangerang yang berhalangan hadir.

 

Syamsul Hidayat A.R., Kepala Sub Seksi Registrasi, mengatakan, “Kami pastikan asal sudah memenuhi syarat substantif dan administratif, semua WBP pasti mendapatkan Remisi. Kami juga menjamin bahwa tidak ada pungli dalam pengusulan Remisi. Kami juga ingin menyampaikan pesan dari Bapak Kepala Lapas, mengucapkan Selamat Hari Raya Waisak 2563 BE 2019 kepada para WBP yang beragama Buddha. Semoga perayaan Waisak bisa menjadi momentum untuk menjadi lebih baik lagi, serta dapat terus meningkatkan kerukunan antar umat beragama.”

 

Selain itu, Syamsul Hidayat A.R. juga menambahkan bahwa pengusulan Remisi sudah menjadi tugas dan tanggung jawabnya beserta jajaran Staf Sub Seksi Registrasi. Ia juga berharap agar rekan-rekan Warga Binaan bisa terus berkelakuan baik selama menjalani masa pidananya di Lapas Pemuda Tangerang.

 

“Cukup bantu dengan doa agar kami selalu amanah dan tanggung jawab dalam memperjuangkan apa yang menjadi hak para WBP,” ujar Syamsul Hidayat A.R.

 

Wujud Penghargaan Bagi Penganut Agama Buddha

 

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Dewan Penasuhat PC Hikmahbudhi, Hendra Acong, mengapresiasi acara penyerahan SK Remisi Khusus Waisak kepada para WBP. Menurutnya, hal ini merupakan wujud dari toleransi antar umat beragama yang telah berjalan di Lapas Pemuda Tangerang.

 

Hendra Acong, Ketua Dewan Pembina PC Hikmahbudhi, mengatakan, “ Selama 8 tahun ikut membantu pengurus Vihara Kusala Cetana Lapas Pemuda Tangerang, baru kali ini diselenggarakan acara penyerahan Remisi. Ini merupakan wujud penghargaan bagi kami, dan para WBP khususnya yang notabene minoritas.”

 

Lapas Pemuda Tangerang Jalin Kerjasama dengan PT. East-West Seed, Tingkatkan Budidaya Tanaman Sayur dan Buah

Tangerang, 27 April 2019 Lembaga Pemasyarakatan Pemuda Kelas IIA Tangerang (Lapas Pemuda Tangerang), Unit Pelaksana Teknis di bawah naungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten yang juga menjadi salah satu cagar budaya di Kota Tangerang, hari ini menjalin kerjasama dengan PT. East-West Seed. Kerjasama ini sendiri diumumkan di sela-sela penyelenggaraan Upacara Hari Bakti Pemasyarakatan ke-55 di lingkungan Kanwil Kemenkumham Banten yang dilangsungkan di Lapangan Upacara Lapas Pemuda Tangerang, Sabtu (27/4) pagi.

 

Kerjasama antara Lapas Pemuda Tangerang dan PT. East-West Seed ini berupa pemberian pelatihan produksi pertanian dari hulu ke hilir. Pelatihan ini sendiri merupakan satu kesatuan dengan paket pembelian bibit tanaman oleh Lapas Pemuda Tangerang kepada PT. East-West Seed. Kepala Seksi Giatja Lapas Pemuda Tangerang, Tri Wahyu Santosa, menjelaskan bahwa kerjasama ini diharapkan bisa menambah produktivitas kegiatan penanaman tanaman sayur dan buah di Giatja Lapas Pemuda Tangerang, yang beken dengan sebutan ‘JAPE’.

 

Tri Wahyu Santosa, Kepala Seksi Giatja Lapas Pemuda Tangerang, mengatakan, “Kerjasama dengan East-West Seed diharapkan bisa meningkatkan produktivitas budi daya tanaman yang kami lakukan selama ini. Semoga bisa berjalan dengan baik kedepannya.”

 

Nantinya, pelatihan ini akan digelar sekira awal bulan Mei mendatang, dan akan berjalan selama 3 bulan kedepan. Materi pelatihan yang akan diberikan berupa pelatihan tentang cara menanam bibit dengan baik, pengolahan lahan, hingga perawatan tanaman. Pada bulan Juli nanti, diharapkan akan ada acara puncak berupa panen raya hasil budidaya tanaman hasil kerja sama dengan PT. East-West Seed. Adapun bibit-bibit tanaman yang akan ditanam antara lain bibit tanaman sayuran cabai, bayam, labu madu, melon, dan juga jagung varietas terbaru.

 

“Semoga pelatihan ini dapat berlangsung dengan lancar, sehingga akan diadakan panen raya yang, Insya Allah, akan digelar pada bulan Juli mendatang,.” Ucap Tri Wahyu Santosa.

Lapas Pemuda Tangerang Jadi Tuan Rumah Pelaksanaan Upacara Hari Bakti Pemasyarakatan ke-55 di Lingkungan Kanwil Kemenkumham Banten

Tangerang, 27 April 2019 Lembaga Pemasyarakatan Pemuda Kelas IIA Tangerang (Lapas Pemuda Tangerang), Unit Pelaksana Teknis di bawah naungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten yang juga menjadi salah satu cagar budaya di Kota Tangerang, hari ini menjadi tuan rumah penyelenggaraan Upacara Hari Bakti Pemasyarakatan ke-55 di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten (Kanwil Kemenkumham Banten). Acara dilangsungkan di Lapangan Upacara Lapas Pemuda Tangerang, Sabtu (27/4) pagi.

 

Acara ini dipimpin langsung oleh Kepala Kanwil Kemenkumham Banten, Imam Suyudi, dan dihadiri oleh seluruh pejabat tinggi dan Kepala UPT Pemasyarakatan di lingkungan Kanwil Kemenkumham Banten, termasuk Kepala Lapas Pemuda Tangerang, Jumadi. Bertindak sebagai Komandan Upacara, Kabid Pembinaan Lapas Kelas 1 Tangerang, Veri Johannes. Selain pejabat di lingkungan Kanwil Kemenkumham Banten, acara ini turut dihadiri oleh pejabat dari instansi terkait, mulai dari Kapolres Metro Tangerang Kota, Kapolsek Kota Tangerang, Komandan Kodim 0506 Tangerang, Komandan Koramil Kota Tangerang, dan lainnya.

 

Upacara Hari Bakti Pemasyarakatan ke-55 diharapkan bisa menjadi pemicu semangat juang, dan menjadi spirit-legacy dari pengabdian para pendahulu dan peletak dasar Pemasyarakatan. Membacakan sambutan Menteri Hukum dan HAM RI, Imam Suyudi menyebutkan bahwa peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan bisa menjadi momentum untuk melakukan perubahan dan pembenahan agar Revitalisasi Penyelenggaraan Pemasyarakatan dapat terlaksana dengan maksimal.

Imam Suyudi, Kepala Kanwil Kemenkumham Banten, mengatakan, “Paradigma terus berubah, dan UPT Pemasyarakatan harus ditransformasikan sebagai pranata sosial untuk menyiapkan masyarakat yang tangguh, berketerampilan, dan memiliki produktifitas tinggi yang siap berkompetisi dalam persaingan global. Perubahan paradigma tersebut juga diejawantahkan melalui program Revitalisasi Penyelenggaraan Pemasyarakatan.

Di sela-sela acara, turut dilakukan penyerahan piagam penghargaan kepada Petugas Pemasyarakatan di lingkungan Kanwil Kemenkumham Banten yang berprestasi. Untuk piagam penghargaan yang pertama diberikan kepada 5 orang Petugas Pemasyarakatan di Lapas Kelas I Tangerang yang telah berhasil menggagalkan usaha penyelundupan narkoba ke dalam Lapas. Piagam penghargaan selanjutnya diberikan kepada 3 orang operator Sistem Database Pemasyarakatan (SDP) yang berasal dari Rutan Kelas I Tangerang, Lapas Kelas III Cilegon, dan Rutan Kelas IIA Serang.

“Piagam penghargaan ini adalah wujud apresiasi dari Kanwl Kemenkumham Banten kepada rekan-rekan Petugas Pemasyarakatan yang dipandang cakap dan berprestasi dalam melaksakan tugas dan fungsinya masing-masing. Semoga bisa menjadi motivasi untuk terus bekerja dengan baik,” ujar Imam Suyudi.

Selain seremoni upacara, perayaan Hari Bakti Pemasyarakatan ke-55 juga dirayakan dengan pelaksanaan pemotongan tumpeng yang dilakukan langsung oleh Kepala Kanwil Kemenkumham Banten, Imam Suyudi. Potongan tumpeng kemudian diserahkan kepada Pejabat di lingkungan Kanwil Kemenkumham Banten, mulai dari yang paling senior dan yang junior.

Momentum Menuju ZI WBK dan WBBM 

Bertindak sebagai tuan rumah Upacara Hari Bakti Pemasyarakatan ke-55 diwilayah Banten, hal ini menjadi momentum yang spesial untuk Lapas Pemuda Tangerang. Hal ini dikarenakan Lapas Pemuda Tangerang sedang dalam perjalanan menjadi Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih

Melayani (WBBM). Untuk itu, Kepala Lapas Pemuda Tangerang, Jumadi, berharap kegiatan ini bisa menjadi momentum bagi seluruh petugas pemasyarakatan di Lapas Pemuda Tangerang untuk terus berusaha supaya perjalanan menunu Zona Integritas WBK dan WBBM dapat tercapai.

Jumadi, Kepala Lapas Pemuda Tangerang, mengatakan, “Semoga penunjukkan UPT kami sebagai tuan rumah Upacara Hari Bakti Pemasyarakatan ke-55 ini bisa menjadi motivasi tambahan bagi kami untuk terus bergerak dan berjalan menuju ZI WBK dan WBBM.”

 

Hubungi Kami

Jl. Lapas Pemuda No. 1
Kel. Pabuaran Tangerang 15118
Telp: 021 5523443, 55769509

Facebook Twitter Instagram Google Plus

Statistik Pengunjung

Hari iniHari ini22
KemarinKemarin153
Minggu iniMinggu ini22
Bulan iniBulan ini5170
TotalTotal84039